News

Putin: Ada pihak kumpulkan data genetik warga Rusia untuk alasan tak diketahui

Merdeka.com – Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan ada seseorang atau pihak yang dengan sengaja mengumpulkan data genetik warga Rusia untuk alasan yang tidak diketahui.

Pernyataan itu kemungkinan besar merujuk kepada langkah Angkatan Udara Amerika Serikat yang ingin mengumpulkan tisu bekas pakai warga Rusia.

“Tahukah kalian, data biologis warga dari berbagai kelompok etnis dan dari wilayah geografis berbeda di seluruh negeri ini dikumpulkan secara sengaja dan secara seprofesional mungkin? Mengapa hal itu dilakukan? Seakan-akan kita adalah objek yang sangat menarik,” ujarnya kepada anggota dewan, seperti dikutip dari laman Russia Today, Selasa (31/10).

Meski demikian, Putin tidak merinci siapa yang berada di balik pengumpulan sampel biologis warga Rusia tersebut.

Tidak hanya itu, dalam pertemuan dengan Dewan Hak Asasi Manusia Rusia, Putin juga mendapat informasi, banyak partisipan asing yang melakukan siaran langsung dari tempat pemungutan suara pada pemilihan di beberapa wilayah Rusia.

Seorang anggota dewan, Igor Borisov, mengatakan, berdasarkan data statistik ada hampir satu juta penayangan yang berasal dari luar negeri mengenai pemilihan regional itu. Dia mengisyaratkan ada motif jahat di balik itu semua.

“Pertanyaannya adalah, mengapa banyak orang menonton pemilihan kami? Pada kenyataannya mereka mengambil banyak rekaman warga dan bagaimana rekaman itu digunakan nantinya, itu yang masih belum diketahui,” papar Borisov.

Sementara itu, pada Juli lalu, komando Angkatan Udara AS mengeluarkan pernyataan melalui situs resmi bahwa mereka sedang berusaha mendapatkan sampel asam ribonukleat (RNA) dan cairan sinovial dari orang-orang Rusia.

Pernyataan itu menyebutkan 12 sampel RNA dan 27 cairan sinoval harus didapatkan dari pendonor ras Kaukasia asal Rusia. Selain itu, mereka juga membutuhkan informasi lain seperti jenis kelamin, usia, etnisitas, berat dan tinggi badan, serta riwayat kesehatan warga Rusia.

Sampel itu sendiri mungkin saja digunakan untuk tujuan penelitian. Namun pihak rusia tidak ingin membuat spekulasi yang berlebihan. Putin sendiri pun menyatakan bahwa tidak ada yang perlu ditakuti dari hal itu.

“Biarkan mereka melakukan apa yang mereka inginkan, dan kita pun harus melakukan apa yang harus kita lakukan,” tegasnya. [pan]

Link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress